Majalah Seputar Batu Akik

Selasa, 24 Maret 2015

Sejarah Ilmiah Asal Mula Batu Bacan Terbentuk

Batu Bacan Doko Asli dengan ciri khas berwarna biru gelap sampai sekarang ini selalu jadi incaran eksportir asal China, hal semacam ini lantaran harga nya meraih termahal sampai beberapa ratus juta rupiah untuk berkwalitas paling baik.

Asal mula batu serta histori di tambang di pulau Bacan yaitu Batu Bacan Doko Hitam mirip irisan Cincau ada pula warna blue elektrik sedikit tidak sama dengan Batu di pulau Palamea berwarna khas Hijau Lumut.

Sementar asal mula terbentuknya Batu Akik Bacan Doko adalah hasil pembekuan karang, lumut serta pakis terbenam di basic laut mulai sejak beberapa ratus juta th. lampau lalu seluruhnya bahan pembentuk jadi fosil keras dengan kata lain membeku jadi Batu seperti Giok transparan membuat corak garis isi sisi dalam Batu Akik hingga tampak indah menawan.

Ingin yakin atau sedikit warga China mepercayai batu asal Indonesia ini jadi obat serta bermanfaat menyembuhkan baik Fisik ataupun mental.

Batu bacan ini telah di kenal mulai sejak th. 1960an, oleh warga setempet, Batu bacan ini ada di pulau Kasiruta bukanlah pulau Bacan, lantaran pusat pemerintahan ada di Labuha, pulau Bacan jadi batu itu dinamai batu bacan.

Pada saat itu, type batu bacan yang disukai orang-orang yaitu warna hati hiu, kembang super serta warna biru, mengapa disebutkan batu bacan warna kembang super? lantaran terdiri atas 3-4 warna.

Dulu saja, batu bacan tak dihargai semahal seperti saat ini lantaran dahulu tak ada konsumen lokal serta konsumen dari luar daerah seperti China, stelah di China batu ini di jual sangatlah mahal, lantaran dipoercayai dapat juga sebagai obat.

Ketika itu, tak ada orang-orang yang mencari nafkah mencari batu bacan (penambang) serta wisatawan ini mebelinya, tetapi di China sendiri untuk yang menggunakan serta mebeli sangatlah mahal merekatidak tahu batu ini datang dari Indonesi.

 " Terakhir kami baru tahu sesudah warga Indonesia sendiri ramai mengulas ini, " Tutur salah seseorang warga China, Aliang (57th). (bs)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sejarah Ilmiah Asal Mula Batu Bacan Terbentuk

0 komentar:

Posting Komentar